Pages

Subscribe:

Selasa, 20 September 2011

Resume TDA part 2

Pengembangan Dokumentasi Aplikasi


Komponen Dokumentasi Proyek yaitu :
  •  Pengantar
Berisi tentang penjelasan masalah dan lingkungan masalah, tujuan client, struktur organisasi dan sistem, solusi dari permasalahan yang timbul serta ruang lingkup/batasan dari solusi tersebut
  • Proposal
Berisi tentang fungsi yang diberikan pada solusi yang diajukan, strategi umum untuk mengembangkan solusi, peran user dan hardware pada solusi, serta keuntungan dan kerugian solusi tersebut
  • Keterbatasan Sistem/Constraint
Berisi prioritas costumer, profil user, usia pengharapan produk, prasyarat kendala, prasyarat kinerja, solusi dan ketersediaan pada lingkungan user
  • Estimasi
Dalam hal ini, yang perlu diestimasikan antara lain jadwal, organisasi, budget, benefit, analisis resiko, dokumen yg diberikan, software yg dibutuhkan, fasilitas dan hardware yg dibutuhkan
  • Prosedur 
Tata cara/langkah-langkah untuk membuat dokumentasi
  • References
Berisi tentang sumber-sumber yang dapat dijadikan pedoman untuk pembuatan dokumentasi.
Dokumentasi spesifikasi disain
Tujuan Dokumentasi Desain :
  1. Dokumentasi ini membantu komunikasi didalam tim desain, merepresentasikan konseptualisasi terakhir dari sistem yang baru atau pemahaman terhadap sistem yang telah ada.
  2. Selama proses desain kegunaan lain dari dokumentasi ini merupakan kontrol, menyediakan record dari apa yang telah dibangun dan diubah.
  3. Menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh bagian dari sistem dipengaruhi oleh perubahan yang dipertimbangkan dan bahwa tanggung jawab untuk komponen-komponen dari sistem yang dipengaruhi oleh perubahan telah diberitahukan.
  4. Misalkan jika format file atau isi dari file diubah, maka modul program apa dan siapa saja pemrogram yang akan terpengaruh ?
  5. Kontrol ini juga berfungsi untuk memanggil ujicoba pelaksanaan yang lampau atau versi lama dari suatu program atau file.
  6. Jenis dokumentasi ini akan membentuk database yang baik untuk menentukan estimasi diwaktu mendatang mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun sistem yang serupa.
  7. Sistem perpustakaan program dapat menyimpan setiap track dari seluruh versi program dan memastikan bahwa pemrogram bekerja dengan versi terbaru. 
Sumber : http://desakngakan.blogspot.com/2010/10/dokumentasi-desain-outline-spesifikasi.html

User Manual
Berisi teknis/cara-cara menggunakan software tersebut. Sehingga user yang maih awam dapat mengerti cara-cara menggunakannya.
Dokumentasi Maintenance
Menjelaskan langkah-langkah merawat sistem
Dokumentasi Source code
Berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan software, misal compiler yang digunakan, nama pembuat, versi software, dll



0 komentar:

Posting Komentar